Minggu, 29 Mei 2022

Akomodir dengan Baik Program Desa

Akomodir dengan Baik Program Desa

 


DelikBerita.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi mengharapkan agar pemerintah dapat mengakomodir dengan baik program yang disampaikan desa melalui kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

“Kita mengharapkan agar sejumlah program prioritas yang diusulkan desa dalam kegiatan Musrenbangdes yang mereka gelar bisa terakomodir dengan baik. Hal itu demi kemajuan desa,” pinta Kusnadi.

Meskipun memang, kata Kusnadi, ada beberapa program prioritas yang disampaikan oleh masing-masing desa kepada pemerintah daerah dalam kegiatan Mussrenbangdes tersebut tidak bisa dipenuhi, lantaran keterbatasan anggaran dan kemampuan daerah, sehingga dilaksanakan secara bertahap.

Meskipun demikian, diharapkannya program prioritas yang benar-benar dinilai desa urgent dan sangat diperlukan masyarakat bisa terakomodir. "Itu yang perlu didahulukan dalam perencanaan pembangunan,” tutur Kusnadi mengingatkan.

Hal utama aspirasi yang disampaikan sejumlah kepala desa dan masyarakat, khususnya di Dapil Sepauk-Tempunak adalah persoalan infarstruktur jalan dan jembatan.

Diakui Kusnadi, rerata infrastruktur jalan dan jembatan di Kecamatan Sepauk dan Tempunak itu masih belum tersentuh dan mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Olehkarenanya, Kusnadi mengharapkan apa yang menjadi usulan tingkat desa pada kegiatan Musrenbangdes dapat diakomodir dan direalisasikan, karena pemerintah desa juga menampung aspirasi dan keinginan rakyatnya untuk menuju sutau perubahan di masing-masing desa.

Di tengah minimnya anggaran pembangunan saat ini, Kusnadi juga menyarankan agar pemerintah dapat memperhatikan tiap usulan yang diajukan desa melalui hasil Musrenbangdes masing-masing desa.

"Tentunya dengan melihat apakah prioritas dan urgent tidaknya, kalau benar-benar dinilai urgent dan memang butuh ditangani, maka saya harap hal itu menjadi perhatian khusus pemerintah, sehingga masyarakat merasakan bahwa pemerintah hadir di tengah persoalan yang mereka hadapi," pungkas wakil rakyat dari Dapil Sepauk-Tempunak ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved