Rabu, 15 Juni 2022

Berharap Orangtua Kontrol Penggunaan Smartphone Terhadap Anak

Berharap Orangtua Kontrol Penggunaan Smartphone Terhadap Anak

 


DelikBerita.com - Perkembangan teknologi informasi yang ditandai semakin mudahnya mengakses internet, sangat tidak mungkin dibendung. Tentu hal ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, khususnya generasi muda.

“Internet akan memberikan dampak berbeda bagi penggunanya. Jika digunakan dengan baik, akan memberikan dampak baik pula. Namun jika digunakan dengan tidak bijak, akan berdampak buruk pula,” kata Ardi, nggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, belum lama ini.

Olehkarnanya, menurut politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, perlu pemahaman tentang penggunaan internet. Sehingga tidak berdampak buruk pada kehidupan sosial.

“Orangtua diharapkan dapat lebih mengontrol anak-anaknya dalam menggunakan handphone, terlebih smartphone yang dapat mengakses internet,” ujar Ardi..

Apabila anak menggunakan smartphone tanpa bimbingan, lanjut Ardi tentu akan berdampak buruk bagi anak itu sendiri.

“Jangan lepas kontrol. Anak itu adalah hal yang paling harus dijaga, baik tubuhnya, sikapnya, termasuk kebiasaannya,” ingat Ardi.

Legislator yang duduk di Gedung Parlemen Sintang ini kembali menegaskan, kemudahan mengakses internet bisa menjadi anugerah, tetapi juga bisa menjadi ancaman.

“Anak-anak perlu diberikan pemahaman tentang hal ini, agar mereka bijak menggunakannya,” pinta Ardi.

Bukan hanya terhadap orangtua, Ardi juga meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang untuk dapat menyurati setiap sekolah, agar membuat peraturan berupa larangan bagi peserta didik menggunakan smartphone, terutama pada jam belajar.

“Saat sekolah, siswa diharapkan tidak membawa smartphone. Jika alasannya untuk menghubungi orangtua, maka sebelum masuk sekolah, harus dikumpulkan dan baru bisa diambil ketika pulang sekolah,” ulas Ardi.

Mengenai jenis alat komunikasi ini, Ardi mengatakan, tidak baik juga melarang atau membatasi anak dengan merek tertentu. Pasalnya, kemampuan setiap orangtua tentu saja berbeda dalam membeli smartphone.

“Orangtua bijak tentu tidak akan memberikan apapun kepada anakya, jika tidak terlalu bermanfaat bagi anak itu sendiri,” pungkas Ardi, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Binjai Hulu, Kecamatan Ketungau Hilir, Kecamatan Ketungau Tengah, dan Kecamatan Ketungau Hulu ini. 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved