Sabtu, 14 Mei 2022

Nekodimus Ungkapkan Tidak Ada Alasan Pabrik Kelapa Sawit Tidak Membeli TBS Milik Petani Mandiri.

Nekodimus Ungkapkan Tidak Ada Alasan Pabrik Kelapa Sawit Tidak Membeli TBS Milik Petani Mandiri.

 


DelikBerita.com      Sintang, saat ini buah sawit petani mandiri harga di pabrik anjlok bahkan beberapa PKS ( pabrik kelapa sawit ) tidak lagi membeli TBS dari para petani mandiri salah satu contoh adalah PKS yang beroperasi di ketungau hilir yakni PT CUP.

Nekodimus legislator partai HANURA yang merupakan anggota komisi D yang membidangi perkebunan saat di temui awak media di ruangan kerjanya Kamis 12/05/2022  mengatakan tidak ada alasan pihak PKS tidak membeli TBS dari petani mandiri. Seharusnya pihak perusahaan menjadikan petani mandiri sebagai binaan atau mitra daripada perusahaan. 

Menurut Neko bahwa sampai saat ini yang namanya pabrik tentu membutuhkan TBS dari para petani, khususnya di kabupaten Sintang pabrik yang sudah beroperasi bukan kelebihan buah namun kekurangan buah, artinya bahwa pabrik yang di miliki oleh perusahaan di banding hasil produksi TBS dilahan perusaan masih kurang.

Saya selaku wakil rakyat tegaskan bahwa pihak pabrik wajib untuk membeli TBS dari petani mandiri, jangan hanya mengutamakan TBS dari pabrik itu sendiri apalagi selama kapasitas pabrik masih mampu menampung.

Pihak pabrik juga harus mengikuti arahan dan edaran dari pak Gubernur untuk pembelian TBS di mana harus sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, apabila kita temukan ada pabrik yang membeli TBS dari petani tidak sesuai dengan harga yang sudah di tentukan oleh pemerintah maka pihak pemerintah harus memberikan tindakan tegas bila perlu cabut ijinnya seperti yang di tegaskan oleh bang Midji, sebab kami di DEWAN hanya bisa memberikan rekomendasi bukan melakukan eksekusinya, ujar Neko.


Tim.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved