Minggu, 26 Juni 2022

Ajak Semua Pihak Berperan Aktif Tekan Stunting

Ajak Semua Pihak Berperan Aktif Tekan Stunting

 


DelikBerita.com - Seperti yang di ketahui stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah lima tahun (balita), akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada 1.000 hari Pertama Kehidupan (HPK).

Pencegahan Stunting penting dilakukan sedini mungkin, untuk membebaskan setiap anak Indonesia dari risiko terhambatnya perkembangan otak, yang menyebabkan tingkat kecerdasan anak tidak maksimal.

Untuk itu perlu perhatian sungguh-sungguh dari semua pihak agar turut berperan aktif dalam menekan angka stunting di wilayah Bumi Senentang ini.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward meminta kepada semua pihak agar dapat berperan aktif dalam menekan atau mencegah stunting.

Karena itu Jeffray Edward berpendapat bahwa dalam menangani Stunting ada tiga hal yang mesti diperhatikan. Pertama, yakni memperhatikan asupan makanan bergizi bagi ibu hamil, bayi dan balita, khususnya saat 1000 HPK.

Selanjutnya, sebut Jeffray Edward, hal yang kedua yakni pola asuh, yang dimana pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang sang anak, terutama dalam pertumbuhan dan perkembangan otak saat 1000 HPK.

“Untuk yang ketiga yaitu kesehatan lingkungan atau lebih kita kenal dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ungkap Jeffray Edward berpendapat.

Olehkarenanya, politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini mengimbau agar semua pihak, dari jajaran pemerintah hingga seluruh lapisan masyarakat agar lebih gencar lagi mensosialisasikan bahaya stunting.

Pada sisi lain, Jeffray Edward berharap agar angka stunting di Kabupaten Sintang terus mengalami penurunan secara baik, sehingga seluruh anak di  Bumi Senengang ini dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cerdas, serta sempurna fisiknya.

“Saya akui, menangani stunting memang bukanlah hal yang mudah. Namun saya yakin dengan tingkat kesadaran masyarakat serta kemauan yang tinggi dengan didukung oleh pemerintah dan berbagai pihak yang memiliki kepedulian, masalah stunting pasti bisa diatasi,” pungkas Jeffray Edward, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kelam Permai, Kecamatan Dedai, dan Kecamatan Sungai Tebelian ini berharap.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved