Rabu, 01 Juni 2022

Bangun Taman Bermain Anak

Bangun Taman Bermain Anak

 


DelikBerita.com - Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sintan, Hikman Sudirman mendorong agar pemerintah daerah membangun tempat atau lahan bermain untuk anak-anak.

"Harus ada ruang publik seperti taman anak-anak untuk tempat mereka bermain-main," kata Hikman Sudirman menyarankan, kemarin.

Menurut politisi Partai Demokrat (PD) ini, taman bermain khusus anak mesti dibangun sebagai bentuk perlindungan terhadap anak-anak sesuai dengan amanah Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak.

Meskipun, diakuinya, Sintang ada beberapa taman yang sudah dibangun, namun fasilitas untuk anak bermain masih minim. "Tentunya ini menjadi perhatian kita bersama, sehingga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak baik secara fisik, psikis, intelektual, sosial, moral, emosional, dan pengembangan bahasa mereka," tutur Hikman Sudirman.

Hikman Sudirman mengambil contoh di Kota Pontianak. Ruang publik yang dilengkapi dengan fasilitas bermain untuk anak-anak tampak terlihat dan tertata dengan rapi.

"Ini bisa kita lihat kawasan Digulis Untan, ruang publik yang dilengkapi dengan taman bermain anak begitu banyak, dan penataan jalur trotoar kota itu juga terlihat rapi," ungkap Hikman Sudirman.

Olehkarenanya, Hikman Sudirman berharap pemerintah daerah memberikan perhatian terhadap dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan ruang terbuka hijau di Kabupaten Sintang ini.

"Antusias anak untuk bermain di ruang publik cukup tinggi, contohnya di Taman Entuyut ya. Kalau kita lewat sore anak-anak mulai terlihat ramai bermain bahkan sampai malam. Begitu juga dengan Taman Bungur yang ada di depan Pendopo Bupati Sintang juga ramai. Sayangnya taman untuk bermain anak ini masih minim fasilitas," ujar Hikman Sudirman.

"Taman bermain yang dilengkapi fasilitas khusus anak sangat penting, mengingat anak membutuhkan tempat bermain dan beraktivitas yang aman, nyaman, terlindungi dari kekerasan, diskriminasi, dan hal membahayakan lainnya," pungkas wakil rakyat Dapil Kayan Hilir-Hulu ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved