Kamis, 30 Juni 2022

Cegah Anak Putus Sekolah, Ini Saran Welbertus

Cegah Anak Putus Sekolah, Ini Saran Welbertus

 


DelikBerita.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus mengatakan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran pada peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.

Melalui pendidikan, peserta didik memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan dan yang diperlukan dirinya bagi masyarakat, bangsa dan negara. Namun masih ada sejumlah permasalahan, dimana masih banyak keluarga kurang mampu tidak bisa menyekolahkan anak-anaknya.

“Intinya anak-anak harus bersekolah, minimal menempuh pendidikan dasar untuk sekolah 9 tahun. Disini pemerintah daerah harus menjalankan perannya,” ucap Welbertus, kemarin.

Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, hingga saat ini tidak sedikit anak-anak usia sekolah yang berasal dari keluarga tidak mampu, khususnya di kawasan pedalaman, Kabupaten Sintang yang terpaksa harus putus sekolah karena keterbatasan biaya.

Menyikapi hal tersebut, Welbertus berharap pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang dapat memberikan solusi akan persoalan tersebut.

“Intinya pemerintah harus hadir serta ambil bagian dalam memberikan bantuan, guna mencegah anak tidak sekolah atau putus sekolah,” ujar Wekbertus.

Selain itu kata Wekbertus, perhatian pemerintah tidak cukup hanya sampai pada sisi si anak saja, melainkan ditelusuri juga keberadaan keluarga mengapa tidak sanggup menyekolahkan anak-anaknya atau membuat anaknya harus putus sekolah.

Lebih lanjut Welbertus mencontohkan, misalnya ada keluarga yang berkekurangan dalam hal pekerjaan, maka pemerintah melalui dinas tenaga kerja dapat membantu memberikan pelatihan atau menyalurkan pekerjaan yang layak.

“Setidaknya pemerintah harus memberikan solusi bagi masyarakat kurang mampu, selain untuk memenuhi kesejahteraan mereka tetapi juga agar bisa menyekolahkan anak-anaknya untuk menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” tutur Welbertus.

Selain itu, Welbertus juga menilai jika peran pemerintah dalam membantu pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu tidak hanya sebatas pada persoalan kemampuan membayar biaya sekolah saja, namun harus memberikan solusi sampai ke akar persoalan.

“Ini supaya keluarga kurang mampu bisa meningkatkan taraf hidupnya, sehingga tidak bergantung pada pemerintah, akan tetapi sudah mampu mandiri dan bisa menyekolahkan anak didik pada jenjang yang lebih tinggi,” pungkas Welbertus, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved