Kamis, 30 Juni 2022

Dorong Pemerintah Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Bumi Senentang

Dorong Pemerintah Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Bumi Senentang

 


DelikBerita.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Markus Jembari meminta pemerintah daerah meningkatkan bantuan kepada petani sebagai upaya mendorong peningkatan produktivitas pertanian di daerah ini.

"Bantuan alat produksi pertanian, pupuk, benih dan bahan bakar minyak sangat dibutuhkan agar petani bisa menjalankan pertanian dengan lancar dan maksimal. Karena masalah ini yang banyak dihadapi petani dalam mengembangkan usaha pertanian mereka," kata Markus Jembari, kemarin.

Politisi Partai Demokrat (PD) ini mengapresiasi bantuan yang diberikan pemerintah untuk bidang pertanian selama ini. Namun untuk mengembangkan lagi, petani membutuhkan dukungan berupa bantuan usaha.

Olehkarenanya, kata Markus Jembari, pihaknya di DPRD sangat mendukung upaya peningkatan produksi pertanian dengan harapan akan membawa dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani.

Dukungan itu juga diwujudkan dalam persetujuan terhadap program-program pertanian, di antaranya pengadaan bibit petani untuk setiap kecamatan yang dilaksanakan secara bertahap.

DPRD Sintang, kata Markus Jembari, juga mendorong adanya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Ketahanan Pangan Daerah. Hal ini juga berkaitan erat dengan bidang pertanian yang harus didorong untuk mendukung ketahanan pangan daerah.

Sebab Markus Jembari berpendapat, bahwa potensi pertanian di Bumi Senentang ini masih sangat besar. Peluang pasarnya juga terbuka lebar seiring pertambahan jumlah penduduk yang berdampak pada peningkatan kebutuhan pangan.

Menurut Markus Jembari, upaya peningkatan produktivitas pertanian bisa dilakukan mulai dari perluasan areal tanam, penggunaan alat produksi pertanian, hingga bibit berkualitas dan pemupukan sesuai kebutuhan sehingga hasilnya terus meningkat.

Peningkatan produksi pertanian ditujukan untuk meningkatkan pendapatan petani. Terlebih saat pandemi COVID-19, meskipun kondisinya melandai, upaya ini juga sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan daerah.

Untuk itu, Markus Jembari menilai pendampingan penyuluh juga dibutuhkan agar petani bisa mengatasi masalah-masalah teknis yang muncul seperti gangguan hama dan kendala alam yang bisa mengancam keberhasilan maupun tingkat kualitas panen.

"Saya yakin sektor pertanian masih menjadi andalan untuk menopang dan meningkatkan perekonomian masyarakat di kabupaten ini. Makanya sektor ini harus terus ditingkatkan dan pemerintah daerah harus membantu petani secara maksimal," pungkas Markus Jembari, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kelam Permai - Kecamatan Dedai - Kecamatan Sungai Tebelian ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved