Rabu, 29 Juni 2022

Edukasi Masyarakat dan Pelaku Usaha Sadar Pajak

Edukasi Masyarakat dan Pelaku Usaha Sadar Pajak

 


DelikBerita.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nikodemus mengimbau kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran membayar pajak. Namun peran pemerintah dibutuhkan agar dapat mewujudkan masyarakat yang sadar pajak.

Dikatakan politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), ada dua hal penting dilakukan bagi para pemangku kepentingan yang dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Sintang, agar masyarakat membayar pajak tulus dan ikhlas, yaitu bagaimana peran membuat masyarakat ringan membayar pajak.

Salah satunya memberikan edukasi dan penjelasan manfaat yang akan diperoleh apabila mereka membayar pajak.

“Tugas kita memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk sadar membayar pajak dengan cara memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Nikodemus, kemarin.

Kedua, lanjut Nikodemus, memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal pembayaran pajak. Dengan begitu diharapkan pembayaran pajak masyarakat akan lebih meningkat, sehingga pengelolaan dan penerimaan pajak dari masyarakat dapat terkelola dengan baik.

“Kita berharap terus melakukan pembenahan, baik dalam hal penerimaan pajak dan pengelolaannya, agar masyarakat Sintang memiliki kesadaran tinggi dalam membayar pajak,” ucap Nikodemus.

Keberadaaan pajak untuk negara penting, karena lebih dari 80 persen pemasukan negara bersumber dari pajak. “Pajak berasal dari kita, dikelola dan manfaatnya untuk kita,” ulas Nikodemus.

Olehkarenanya, Nikodemus menilai sudah mestinya menjadi tugas bersama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kewajiban membayar pajak. Seperti, SPT tahunan adalah pajak penghasilan pribadi baik sebagai karyawan ataupun sebagai badan usaha (pengusaha,red).

“Pajak untuk usahawan konstribusinya bukan hanya untuk nasional, tetapi juga dirasakan oleh pemerintah daerah, untuk itu marilah bekerjasama untuk merekrut usahawan agar sadar membayar pajak,” pungkas Nikodemus, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk – Kecamatan Tempunak ini.

Olehkarenanya, Terry mengajak semua masyarakat dan karyawan agar membiasakan diri menyampaikan SPT tahunannya, karena semua mempunyai kewajiban yang sama untuk taat membayar pajak.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved