Jumat, 24 Juni 2022

Fokus Pulihkan Ekonomi

Fokus Pulihkan Ekonomi

 


DelikBerita.com - Pemerintah Kabupaten Sintang diharapkan mampu melakukan pemulihan  di sektor ekonomi masyarakat, terutama bidang UMKM. Hal itu dapat meningkatkan daya beli.

"Kita minta pemerintah memfokuskan pemulihan ekonomi masyarakat, apalagi pandemi virus corona atau covid-19 belum juga ada kepastian kapan akan berakhir. Bahkan saat ini ada lagi muncul varian baru yakni, omicron BA.4 dan BA.5," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus, kemarin.

Sektor UMKM, kata Welbertus, mesti menjadi perhatian pemerintah, meskipun pandemi belum berakhir. Bila tidak, maka akan berdampak pada senua lini.Terutama pada menurunnya tingkat pereknomian masyarakat.

Olehkarenanya, Welbertus menyarankan agar pemerintah tidak hanya fokus dan memperhatikan pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, pendidikan, dan kesehatan. Pasalnya dia menilai akibat pandemi yang sangat panjang, saat ini masyarakat sangat membutuhkan pemulihan di sektor ekonomi supaya bisa tetap bertahan.

“Yang pasti, kita jangan lagi skala prioritas itu di infrastruktur saja. Tapi, sudah saatnya UMKM yang harus ditingkatkan lagi, bagaimana caranya agar program untuk UMKM itu menyentuh langsung kepada masyarakat,” saran wakil rakyat Dapil Sintang ini.

Untuk memenuhi target percepatan pemulihan ekonomi tersebut, pemerintah dimintanya segera menentukan langkah konkret di sektor UMKM. Misalnya, lebih meningkatkan program bantuan dan produktivitas masyarakat, baik itu di bidang  peternakan, pertanian, ataupun perikanan dan lain sebagainya.

“Yang lebih efektif itu misalnya beri bantuan peternakan. Yang di pinggir sungai kasih (komiditas) pinggiran sungai, yang di daratan kasih ternak yang bisa mereka kelola di daratan, sehingga masyarakat tingkat perekonomian masyarakat kita tidak terlalu jatuh, dan tentunya masyarakat dapat bertahan," ujar Welbertus politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini.

Dengan begitu, Welbertus menyakini hal tersebut mampu memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat guna pemulihan ekonomi yang lebih cepat. "Apalagi, bantuan disalurkan dengan baik dan tepat sasaran, maka perbaikan ekonomi akan lebih cepat tercapainya," kata Welbertus.

Meskipun, kata Welbertus, bantuan yang diberikan sifatnya hanya sekali, tapi harus diberikan tepat sasaran. "Kita beri ‘pancingya’ jangan kita beri uangnya, karena yang paling penting itu adalah bagaimana kita melakukan pemulihan ekonomi masyarakat di tengah segala keterbatasan dan persoalan yang sedang kita hadapi saat ini," pungkas Welbertus.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved