Senin, 27 Juni 2022

Harus Punya Strategi Bangun Daerah

Harus Punya Strategi Bangun Daerah

 


DelikBerita.com - Pemerintah Kabupaten Sintang harus punya strategi untuk membuat kabupaten ini lebih maju dan masyarakatnya sejahtera.


Hal itu diungkapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi, kemarin.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, tanpa terobosan, kemajuan Kabupatrn Sintang pada 2022 ini sama halnya seperti tahun sebelumnya.

“Karena secara kasat mata, kemajuan pembangunan dalam beberapa tahun terakhir ini, masih belum terlihat dan dirasakan masyarakat, meskipun belakangan ini kita sedang dilanda pandemi covid-19,” ungkap Kusnadi.

Berdasarkan hasil kunjungan ke beberapa daerah, lanjut Kusnadi, pembangunan kesejahteraan masyarakat masih terlihat minim, tentunya ini berdampak pada tingkat pengangguran dan kemiskinan masyarajat di suatu daerah.

Seharusnya, lanjut Kusnadi, pemerintahbdaerah memikirkan terobosan baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di wilayah pedalaman dan terisolir.

“Karenanya masih banyak daerah terisolir di kabupaten ini yang tingkat kesejahteraannya masih minin. Dan ini perlu menjadi perhatian serius pemerintah daerah kita," ungkap Kusnadi.

Rerata, kata Kusnadi, masyarakat di Kabupaten Sintang ini mengandalkan hasil karet dan buah sawit. Sedangkan harga karet dan sawit saat ini dalam kondisi anjlok  Karena itu, dirinya meminta pemerintah daerah agar memberikan solusi kepada rakyatnya.

"Belum lagi harga pupuk non subsidi yang jauh meroket dari harga sebelumnya. Tentunya ini menjadi persoalan sulit yang harus dihadapi masyarakat kita," ujar Kusnadi.

Kendati demikian, Kusnadi memaklumi pemerintah tidak dapat berbuat banyak dalam beberapa tahuan belakangan ini. Sebab, anggaran yang tersedia terbatas karena terfokus pada penanganan pandemi Covid-19.

"Kita maklumi anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan  infrastruktur tidak dapat dilakukan secara maksimal dan merata. Namun kita harap peemerintah daerah mulai mengambil langkah konkret untuk menentukan apa saja yang akan dilakukan kedepannya," pungkas wakil rakyat Dapil Sepauk - Tempunak ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved