Kamis, 30 Juni 2022

Jaga dan Lestarikan Adat Budaya di Bumi Senentang

Jaga dan Lestarikan Adat Budaya di Bumi Senentang

 


DelikBerita.com - Pagelaran acara ritual adat maupun ritual keagamaan yang berkaitan erat dengan adat tradisi maupun adat istiadat serta budaya di Bumi Senentang ini, tentunya bisa saja dijadikan tempat ajang promosi untuk meningkatkan pariwisata di daerah ini.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengatakan daerah ini sangat banyak acara ritual besar yang erat kaitannya dengan adat istiadat maupun budaya lokal yang hampir setiap tahunnya di selenggarakan di berbagai daerah pedesaan hingga kota. Di antaranya seperti "Gawai Dayak atau Pesta Panen" maupun yang upacara adat lainnya. Hal ini harus dilirik dan dijadikan peluang oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata.

“Kesempatan ataupun peluang yang ada, harusnya kita manfaatkan, baik dari segi promosi budayanya, maupun hasil usaha karya lokalannya, misalnya saja seperti karya tenun ikat, lalu kemudian hasil karya atau produk usaha mikro kecil menengahnya (UMKM) lainnya, itu bisa di pasarkan, melalui kegiatan tersebut,” ujar Jeffray Edward, kemarin.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menjelaskan, dengan adanya acara besar dalam bentuk ritual itulah hasil karya lokal asli buatan putera atau puteri daerah ini  yang dapat atau bisa di pamerkan di tempat terpisah, sehingga bisa terus memompa kreativitas masyarakat di Kabupaten Sintang ini.

“Kita ketahui masyarakat di daerah ini sangat erat sekali dengan karya-karya seni, kita bisa mengambil contoh di daerah Bali, mereka memanfaatkan acara ritual adatnya untuk mempromosikan karya-karya lokalnya, dan mestinya kuta juga bisa melakukan hal seperti itu,” ulas Jeffray Edward.

Selain itu, Jeffray Edward juga meminta agar pihak Dinas Pariwisata di kabupaten ini memberikan peluang maupun menciptakan peluang tersebut agar nasib masyarakat maupun generasi di daerah ini tidak tenggelam di zaman moderenisasi saat ini.

"Selama ini banyak yang sudah nyaris hilang, lama-kelamaan akan tenggelam juga khas-khas yang ada di daerah ini, maka dari itu mari kita jaga dan lestarikan adat dan kebudayaan kita agar tidak dimakan oleh zaman, dan jangan biarkan generasi kita tenggelam dalam suasana pesatnya kemajuan teknologi saat ini,” pungkas Jeffray Edward, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kelam Permai - Kecamatan Dedai - Kecamatan Sungai Tebelian ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved