Jumat, 24 Juni 2022

Kusnadi Nilai Sektor UKM Dongkrak Potensi Daerah

Kusnadi Nilai Sektor UKM Dongkrak Potensi Daerah

 


DelikBerita.com - Pengembangan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dibutuhkan dalam memperkuat kemajuan ekonomi daerah. Sehingga dukungan pemerintah melalui kebijakan, sangat diharapkan untuk menopangnya.

“Kemajuan UKM perlu sinergi dengan semua pihak. Pemerintahlah yang menjadi fasilitatornya,” kata Ksnadi, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, kemarin.

Untuk dapat berkembang, kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, pelaku usaha kecil menenggah (UKM) membutuhkan perlindungan, kemudahan dalam perizinan, dan akses untuk memperkuat modal usaha.

Menurut Kusnadi, pengembangan usaha kecil menengah (UKM) sangat penting, mengingat perannya yang mampu mengangkat dan menggali potensi daerah, serta mampu menyerap tenaga kerja.

Kehadiran usaha kecil menengah (UKM), menurut Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, mesti mendapat dorongan untuk bertumbuh. Tidak cukup bila stagnan. Agar potensi Kabupaten Sintang dapat tergali secara optimal. Misalnya kuliner dan kerajinan.

“Sintang sangat potensial,” ucap  Kusnadi.

Legislator dari Dapil Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau inipun menilai, banyak faktor yang bisa membuat usaha kecil menengah (UKM) sulit berkembang. Di antaranya, keterbatasan modal. Ini tidak bisa dimungkiri.

“Kemudahan mendapatkan modal begitu diperlukan. Bentuknya bisa berupa kredit lunak,” kata Kusnadi.

Pembinaan sekaligus pemberdayaan juga menjadi penting bagi pelaku usaha kecil menegah (UKM) di Kabupaten Sintang. “Usaha kecil menengah (UKM) butuh sentuhan untuk mendukung inovasi,” ulas  Kusnadi.

Usaha kecil menengah (UKM), tambah Kusnadi, juga menjadi penting sebagai penyangga ekonomi. Di mana mampu bertahan kendati kondisi ekonomi kurang menggembirakan sekalipun. Hanya saja imbas kelesuan ekonomi tetap dirasakan. Omzet mereka merosot, apalagi kalau berkaca pada dampak pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan ini.

“Pada dampak pandemi covid-19 saja contohnya, yang bertahan justru pedagang kecil. Usaha besar malah banyak gulung tikar,” ujar Kusnadi.

Olehkarenanya, Kusnadi hanya berupaya memberi gambaran kalau keberadaan sektor usaha kecil menengah (UKM) perlu diberi tempat khusus."Karena sektor riil ini sangat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kabupaten Sintang," pungkas wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved