Kamis, 09 Juni 2022

Manfaatkan Potensi SDA

Manfaatkan Potensi SDA

 


DelikBerita.com - Ekonomi secara global saat ini cukup memprihatinkan, hal itu juga berefek kepada kehidupan masyarakat kecil. Guna menjawab tantangan ekonomi untuk masa yang akan datang, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Agustinus Aci meminta kepada masyarakat untuk bisa kreatif dan inovatif dalam bertindak.

Menurut Agustinus Aci, ekonomi kerakyatan memerlukan peran aktif dari pemerintah juga untuk mengatur agar pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang ada untuk kepentingan rakyat banyak. Dengan begitu akan memberikan kesempatan yang sama dalam menikmati hasil kekayaan alam yang dimiliki ini.

Selain itu, kata Agustinus Aci, ada banyak keunggulan dalam memanfaatkan ekonomi kerakyatan. Seperti melindungi usaha rakyat dari persaingan ekonomi yang tidak seimbang dari segi modal, juga mampu meningkat ekonomi masyarakat nantinya.

"Tentunya, juga akan memperkecil kesenjangan antara pemilik modal banyak dan masyarakat yang hanya mengandalkan modal sedikit. Untuk itu, kita sebagai masyarakat harus lebih aktif, kreatif dan inovatif lagi dalam memandang peluang kedepannya. Jangan hanya bergantung kepada sesuatu hal yang belum pasti," kata Agustinus Aci menyarankan.

Kelemahan ekonomi kerakyatan, tambah Agustinus Aci, adalah kurang diminati. Padahal jika dikelola dengan baik dan benar, maka akan mendapatkan hasil yang menurutnya lumayan besar.

Olehkarenanya, Agustinus Aci berharap pemerintah daerah memperhatikan hal ini, sehingga masyarakat dapat mengelola ekonomi kerakyatan dengan baik dan benar.

"Tentunya pemerintah daerah mendorong dengan berbagai program ekonomi kerakyatan sehingga dapat membaca peluang yang ditawarkan," kata Agustinus Aci, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini.

Sisi lainnya, kata Agustinus Aci, pemerintah daerah juga sedang berupaya meningkatkan infrastruktur dasar, seperti jalan dan jembatan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved