Sabtu, 25 Juni 2022

Minta Pempus Lanjutkan Pembangunan PLBN Sungai Kelik

Minta Pempus Lanjutkan Pembangunan PLBN Sungai Kelik

 


DelikBerita.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri mengharapkan pemerintah pusat (Pempus) dapat melanjutkan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu.

"Kami harap ini dapat dilanjukan kembali, karena dampak yang ditimbulkan begitu besar bagi masyarakat setempat, terutama dari sektor ekonomi," ujar Heri Jambri, baru-baru ini.

Apabila PLBN Sungai Kelik ini dapat beroperasional sebagaimana mestinya, maka dipastikannya arus barang dan jasa serta manusia akan memberikan efek domino bagi peningkatan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat yang berbatasan langsung, serta Kalbar secara keseluruhan,.

"Apalagi diimbangi dengan terbangunnya ruas infrastruktur jalan dari Sintang ke Sungai Kelik. Otomatis pula akan disertai dengan arus wisatawan dari luar Kalbar, karena  banyak wisatawan baik dari Malaysia maupun Brunei serta masyarakat kabupaten lain yang akan melalui dan melewatinya, " kata Heri Jambri.

Dengan dibukanya PLBN, tentu masyarakat sekitar akan beralih melewati Sungai Kelik, karena dinilainya lebih dekat dibandingkan harus menuju PLBN Badau maupun Entikong.

Selain itu, kata Heri Jambri, PLBN tentu akan memacu para investor untuk menanamkan investasinya di Kabupaten Sintang terutama di sektor pariwisata dan perhotelan.

“Ini juga akan memacu dan memicu para investor untuk menanamkan investasi di Kabupaten Sintang, terutama di sektor pariwisata dan perhotelan. Tentunya, akan berdampak juga pada langan kerja baru bagi masyarakat setempat," ungkap Heri Jambri.

Begitu juga  hasil pertanian, peternakan, dan perkebunan yang ada di Kabupaten Sintang, tambah politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, tentunya dapat dipasarkan sampai ke Malaysia dengan ongkos yang lebih murah karena tidak lagi melintas melalui Entikong dan Badau.

“Hasil-hasil pertanian, perkebunan akan dapat juga dijual dan dipasarkan di Malaysia dengan ongkos yang jauh lebih murah bila harus melalui Entikong dan Badau,” pungkas Heri Jambri, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Binjai Hulu, Kecamatan Ketungau Hilir, Kecamatan Ketungau Tengah, dan Kecamatan Ketungau Hulu ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved