Selasa, 14 Juni 2022

Nikodemus Minta Pempus dan Provinsi Perhatikan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Sintang

Nikodemus Minta Pempus dan Provinsi Perhatikan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Sintang

 


DelikBerita.com - Pembangunan infrastruktur, terutama jalan dan jembatan, sangat penting untuk disegerakan. Bukan hanya untuk kemajuan daerah, tetapi juga erat kaitannya dalam menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau kita bicara infrastruktur di Sintang, ini kan bicara tentang bagaimana persoalan-persoalan yang menyangkut dengan kesejahteraan rakyat,” ungkap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nikodemus, kemarin.

Menurut politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, infrastruktur jalan di Sintang terbagi atas tiga kategori, yakni Jalan Strategis Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Berdasarkan data dari Pekerjaan Umum (PU), infrasturktur Jalan Nasional di Kalbar yang sudah dalam kondisi mantap, telah mencapai 96 persen, sedangkan Jalan Provinsi 90 persen. Sisanya sekitar 10 persen.

“Namun yang 10 persen ini, bukan berarti tidak bisa dilalui kendaraan. Kondisinya baru pada tahap pengerjaan-pengerjaan tanah kering,” kata Nikodemus.

Patut dipahami, kata Nikodemus, infrastruktur di Kalbar khususnya Kabupaten Sintang tetap harus dilakukan perubahan secara signifikan, agar masyarakat bisa menikmati infrastruktur yang memadai. Muaranya, diharapkan pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat, pelayanan kesehatan dan kemudahan akses.

Terpenting itu, tambah Nikodemus, bagaimana meningkatkan infrastruktur terlebih dahulu, karena ini sangat penting.

“Sebenarnya konsep pemerintah pusat dengan konsep kita di provinsi dan kabupaten/kota itu sama, hanya saja kondisi struktur jalan yang ada di kota tidak sebanding dengan struktur di daerah, karena ruas jalan kita masih banyak yang berstruktur tanah," kata Nikodemus.

Olehkarenanya, Nikodemus berharap infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat maupun provinsi agar dapat diperhatikan, khususnya ruas  jalan dan jembatan yang ada di Kabupaten Sintang ini.

Harapan ini disampaikannya bukan tanpa alasan, lantaran infrastruktur jalan menjadi hal yang mendasar harus dinikmati oleh masyarakat, sehingga roda perekonomian dan tingkat kesejahteraan rayat di kabupaten ini dapat berjalan sesuai harapan bersama.

"Tentunya ini harus menjadi perhatian kita bersama, karena persoalan infrastruktur merupakan hal yang harus diperhatikan," pungkas Nikodemus, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved