Sabtu, 04 Juni 2022

Pentingnya Pendidikan untuk Ciptakan SDM Unggul

Pentingnya Pendidikan untuk Ciptakan SDM Unggul

 


DelikBerita.com - Perjuangan orang tua dahulu jauh lebih berat untuk mengejar pendidikan. Mesti melintasi medan yang teramat berat, lantaran akses jalan yang belum ada. Semangat membaralah yang membuatnya tetap bersekolah.

Semangat tersebut, menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, mestinya menjadi motivasi generasi sekarang untuk mengejar pendidikan.

“Jangan sampai sekolah tidak tamat,” kata Jeffray Edward, belum lama ini.

Era perkembangan teknologi dan informasi seperti sekarang ini, kata Jeffray Edward, putus sekolah seyogianya tidak boleh terjadi. Karena gedung sekolah sudah berdiri di mana-mana dan perkembangan informasi dan siring dengan laju perkembangan teknologi, sehingga relatif lebih mudah dijangkau. Jauh berbeda dengan zaman dahulu.

Olehkarenanya, Jeffray Edward berharap peran serta orangtua agar atif memberikan motivasi orangtua terhadap pendidikan anak-anaknya. Sebab dia menilai itu sangat penting.

“Pendidikan sangat penting bagi masa depan anak. Jadi, peran orangtua begitu dibutuhkan untuk memotivasi anak agar tetap sekolah,” ucap Jeffray Edward.

Permasalahan biaya, tambah Jeffray Edward, politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan diharapkan tidak lagi menjadi hambatan untuk mengenyam bangku sekolah. Karena pemerintah menjamin pendidikan bagi masyarakatnya.

Menurut Jeffray Edward, kemajuan suatu daerah sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) handal. Kunci meraihnya hanya satu, dengan jalan pendidikan.

“Bangku sekolah hingga jenjang perguruan tinggi harus dikejar,” tegasnya.

Jeffray mengungkapkan, kini hampir di semua desa sudah berdiri SD bahkan SMP. SMA pun sudah hampir merata di semua ibu kota kecamatan. Fasilitas penunjang kemajuan pun terus dipenuhi, kendati masih terbatas.

Olehkarenanya, Jeffray Edward mengatakan, komitmen pemerintah perlu mendapat dukungan masyarakat. Terutama kalangan orangtua murid. Mesti senantiasa memantau prestasi belajar anak-anaknya.

“Motivasi harus senatiasa diberikan supaya mampu mengejar prestasi terbaik. Sekolah tidak boleh terputus, minimal hingga jenjang SMA,” kata Jeffray Edward menekankan.

Menurut Jeffray Edward, tantangan ke depan makin berat. Generasi muda mesti mampu menjawab tantangan tersebut. Persaingan juga kian ketat. Hanya SDM unggul yang akan mampu bersaing serta mengambil peran dalam pembangunan.

Makanya, tambah Jeffray Edward, SDM harus disiapkan sejak awal, melalui sekolah. Tidak boleh ada lagi anak yang putus sekolah, apalagi karena alasan biaya.

“Mengabaikan pendidikan sama halnya dengan mempertaruhkan masa depan. Sekolah sangat penting,” pungkas Jeffray Edward, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kelam Permai, Kecamatan Dedai, dan Sungai Tebelian ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved