Kamis, 23 Juni 2022

PNS Harus Profesional

PNS Harus Profesional

 
 


DelikBerita.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman, mengharapkan agar seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah diambil sumpah/janji jabatannya bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang selalu profesional dan maksimal dalam hal memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Suksesnya pembangunan suatu daerah itu, menurut Hikman Sudirman, tergantung dengan keberhasilan para PNS dalam melayani masyarakat. Sebab hal tersebut, menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah, hingga akhirnya meningkatkan rasa kepercayaan oleh masyarakat terhadap sebuah pemerintahan.

“Apabila semua dilakukan dengan maksimal, sudah pasti kinerja dari PNS mendukung suksesnya pembangunan daerah,” terang Hikman Sudirman yang juga Ketua Komisi B DPRD Sintang ini, Rabu (22/6/2022).

Lanjut politikus Partai Demokrat ini, mengapa PNS diharapkan terus berkembang, itu bertujuan agar roda pemerintahan semakin profesional, terutama dalam menjalankan administrasi pemerintahan secara optimal dan maksimal.

Untuk itu, diperlukan agar kompetensi dan kemampuan SDM di dalam pemerintahan, perlu dan harus terus ditingkatkan.

“Karena sebaik apapun program dari pemerintah daerah setiap tahunnya, tentunya tidak akan efektif apabila SDM dari PNS itu sendiri tidak mampu menjalankannya,” ungkap Hikman Sudirman

Sebab, kata Hikman Sudirman, kualitas dari birokrasi sangat dipengaruhi oleh kualitas dari SDM aparatur itu sendiri. Karena kinerja ataupun etika kerja, akan menjadi cerminan pelayanan dan cakupan program pembangunan.

“Untuk itu, aparatur hendaknya terus memacu potensi diri, serta menguatkan semangat pengabdian agar menjadi lebih optimal,” pungkas wakil rakyat Dapil Kayan Hilir - Kayan Hulu ini.

Sekda Sintang, Yosepha Hasnah mengatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan profesi dengan tugas untuk melayani masyarakat dalam pengelolaan pemerintahan negara.n

"Untuk itu, apa yang telah menjadi pilihan profesi, haruslah dijalankan dengan semangat dan tekad yang teguh, komitmen yang kuat, konsisten dan konsekuen, sehingga nantinya akan menjadi PNS yang profesional dalam melayani masyarakat," kata Sekda Sintang ketika memberikan sambutannya pada pengambilan sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Halaman Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sintang, Selasa (21/6/2022).

Tak hanya itu, Sekda Sintang ini juga minta kepada PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk melaksanakan tugas dengan baik dan professional.

“PNS sebagai aparatur pemerintah yang melaksanakan tugas-tugas pemberdayaan, pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat harus berperan sebagai garda terdepan serta menjadi ujung tombak dalam keberhasilan pelaksanaan good governance," pungkas Sekda Sintang ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved