Kamis, 16 Juni 2022

Sandan Harap Guru Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Sandan Harap Guru Manfaatkan Perkembangan Teknologi

 


DelikBerita.com - Kualitas pendidikan di daerah perbatasan dan pedalaman, perlu mendapatkan perhatian serius dan ditingkatkan.

Ihwal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Sandan kemarin.

“Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sehingga, peningkatan kualitas pendidikan harus menjadi perhatian serius pemerintah,” ujar Sandan.

Dengan ditingkatkannya kualitas Pendidikan di pedalaman dan perbatasan, lanjut Sandan, generasi penerus mendapatkan pendidikan yang layak seperti halnya pelajar-pelajar di perkotaan.

Karenanya politisi Partai Gerakan Indinesia Raya (Gerindra) ini berharap masyarakat mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan yang dilakukan pemerintah.

“Harus kita dukung, karena ini langkah baik untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa,” ucap Sandan.

Para orangtua, kata Sandan, juga harus aktif mendorong anak-anaknya untuk sekolah, minimal wajib belajar 12 tahun. Selain itu, ia meminta para guru di pedalaman dan perbatasan jangan mau kalah dengan guru yang bertugas di wilayah perkotaan.

“Terutama dalam hal memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Meski bertugas di pelosok, karena itu guru jangan sampai ketinggalan teknologi,” ungkap Sandan.

Olehkarenanya, Sandan berpesan agar lokasi mengajar jangan menjadi alasan ketertinggalan tenaga pendidik dalam memanfaatkan teknologi seperti penggunaan computer maupun smartphone, melalui aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

“Alatnya kan tidak harus canggih. Cukup komputer sudah bisa menjadi media pembelajaran. Kalaupun tidak ada, telepon genggam Tau smartphone sekarang sudah memiliki akses internet yang dapat digunakan untuk mengakses materi pelajaran. Itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ulas Sandan.

Terpentingnya lagi, kata Sandan mengingatkan kepada tenaga pendidik agar menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai guru. Sebab banyak laporan yang masuk dari masyarakat di wilayah pedalaman, bahwasanya tenaga pendidik sering tidak ada di tempat.

“Lokasi yang jauh jangan dijadikan sebuah alasan untuk tidak menjalankan tugas dan tanggungjawab. Ingat mereka (anak-anak,red) di perbatasan juga memiliki hak yang sama di dunia pendidikan,” pungkas Sandan, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved