Rabu, 29 Juni 2022

Sarankan CSR Perusahaan Fokus Tingkatkan SDM

Sarankan CSR Perusahaan Fokus Tingkatkan SDM

 


DelikBerita.com - Sudah merupakan suatu kewajiban bagi tiap perusahaan untuk menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di sekitar perusahaan. Bantuan itu bertujuan, agar warga yang tinggal di sekitar perusahaan dapat merasakan dampak positif dari kehadiran investor yang ikut andil dalam mensejahterakan masyarakat di suatu daerah. Untuk itu, setiap perusahaan harus selalu menyalurkan CSR kepada masyarakat di sekitarnya.

Terkait dengan hal itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nikodemus meminta kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di kabupaten ini agar dalam memberikan bantuan tidak hanya dalam bentuk fisik semata. Tapi lebih mengutamakan pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Hendaknya lebih memperhatikan program peningkatan sumber daya manusia masyarakat setempat, baik berupa pelatihan maupun pengembangan keterampilan. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat terampil dan memiliki skill dalam bekerja ataupun berusaha,” kata Nikodemus, kemarin.

Legislator DPRD Sintang tersebut menjelaskan, bahwa CSR yang selama ini disalurkan bukannya tidak baik. Tapi menurut dia, peningkatan sumber daya manusia juga perlu dilakukan, agar masyarakat menjadi mandiri dan memiliki keterampilan dan keahlian tertentu yang pada akhirnya dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, mengatakan bahwa perusahaan pasti selalu mengutamakan keterampilan dalam menerima karyawan atau tenaga kerja baru. Untuk itu, perlu dilaksanakan program SCR untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian bagi masyarakat sekitarnya. 

Sehingga nantinya, kata Nikodemus, masyarakat yang sudah mendapat pelatihan itu, bisa direkrut menjadi karyawan di perusahaan tersebut, atau bisa melamar pekerjaan di tempat lain yang sesuai dengan keahlian yang didapat saat mengikuti pelatihan.

“Perusahaan selalu mencari calon karyawan yang memiliki skill atau keahlian, dan banyak masyarakat kita yang belum memiliki keahlian tersebut. Jadi caranya, peningkatan kualitas SDM melalui program CSR,” tegas Nikodemus.

Sebab kata Nikodemus, apabila program CSR perusahaan tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian masyarakat di sekitarnya, perusahaan juga diuntungkan dengan merekrut orang-orang yang sudah dilatih sesuai dengan kebutuhan.

"Ya, kita harap CSR tiap perusahaan dapat mengarah pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang didukung dengan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan tiap perusahaan," pungkas Nikodemus, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved