Kamis, 30 Juni 2022

Tingkatkan Budaya Literasi Anak

Tingkatkan Budaya Literasi Anak

 


DelikBerita.com - Memasuki era digital seperti sekarang, minat baca masyarakat perlahan-lahan seakan tergantikan oleh kecanggihan teknologi dengan berbagai macam fasilitas modern. Menyikapi hal tersebut, anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono menyarankan agar perpustakaan memasifkan program perpustakaan keliling untuk menarik kembali minat baca masyarakat.

Lebih lanjut legislator DPRD Sintang ini  menyampaikan, jika pemerintah daerah melalui dinas/instansi terkait juga telah menjalankan program serupa. Upaya tersebut dilakukan untuk membangkitkan kembali budaya membaca di tengah masyarakat.

“Saya berharap, pemerintah dapat turut memperhatikan kondisi perpustakaan yang ada saat ini. Tujuannya bersama-sama membangkitkan kembali gairah membaca masyarakat di tengah kemajuan teknologi yang ada,” tutur Senen Maryono, kemarin.

Di sisi lain, kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, perpustakaan keliling juga tidak akan efektif tanpa adanya sosialisasi kepada masyarakat. Pemerintah ataupun pihak perpustakaan dapat memanfaatkan sarana media sosial (medsos) untuk mensosialisasikan.

Olehkarenanya, Senen Maryono optimis  keberadaan perpustakaan keliling nantinya akan sangat membantu masyarakat di dalam menambah ilmu pengetahuan.

Tak hanya itu, Senen Maryono juga menyarankan sosialisasi peningkatan budaya listerasi inipun diharapkannya dapat menyasar hingga ke kawasan pedesaan, karena dia menilai budaya literasi di tiap desa semakin minim atau ditinggalkan.

"Penting juga untuk kawasan pedesaan, karena budaya literasi anak-anak desa semakin minim, bahka  terkesan ditinggalkan.  Padahal peningkatan budaya literasi ini penting bagi anak-anak, sehingga mereka dapat menambah ilmu dan pengetahuannya di luar jam sekolah mereka," ulas Senen Maryono.

“Besar harapan saya, pemerintah bersedia meningkatkan sosialisasi terkait peningkatan budaya literasi ini, termasuk program perpustakaan keliling yang ada. Penting bagi kita membangun minat baca anak-anak sedini mungkin untuk menciptakan generasi penerus yang berguna bagi bangsa,” pungkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved