Kamis, 16 Juni 2022

Tingkatkan Produktivitas UMKM

Tingkatkan Produktivitas UMKM

 


DelikBerita.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Liyus mendorong agar pemerintah daerah melalui dinas terkait dapat meningkatkan pemberdayaan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).


Dengan adanya peningkatan pemberdayaan tersebut, kata Liyus, kualitas produk-produk UMKM meningkat serta mampu bersaing dengan produk luar atau pabrikan.

“Saat ini kelihatannya masih minim produk UMKM  kita masuk dalam jajaran pasar modern, bila ada pemberdayaan dan pelatihan yang baik, maka saya yakin produk UMKM kita tidak kalah mampu untuk bersaing dengan produk luar,” katanya.

Padahal, ungkap Liyus, pelaku usaha di Kabupaten Sintang saja terdapat 17.062 pelaku usaha. Terbesar usaha mikro, 14.854 dan kecil ada 2.102. Sedangkan menengah ada 106.

"Sektor yang paling besar bergerak di Sintang ini adalah usaha kuliner," kata Liyus.
Olehkarenanya, Liyus berharap pemerintah daerah memberikan perhatian serius dan  bagaimana memberdayakan UMKM ini dapat naik kelas membawa nama daerah, khususnya Kabupaten Sintang.

"Saya rasa identitas suatu daerah harus dikenalkan melalui UMKM. Yang terpenting apa yang ingin dikenalkan sintang seperti kain tenun, kue semprong, jahe merah maupun kopi," ucap Liyus.

Untuk lebih membuka peluang persaingan di pasaran, para pelaku UMKM juga diharapkan dapat memperhatikan masalah pengemasan produk.

"Tentunya produk yang dikemas harus menarik, sehingga dapat mengundang orang untuk membelinya," sebut Liyus.

Meskipun demikian, sambung Liyus,  peningkatan pemberdayaan UMKM di Kabupaten Sintang dapat membuat UMKM semakin maju dan memiliki daya saing tinggi, hal tersebut akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat dan daerah.

“Apalagi saat ini dalam masa pandemi, dimana perekonomian kita sedang lesu, maka para pelaku UMKM juga dituntut untuk berinovasi dan berkreasi,” pungkas Liyus.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved