Sabtu, 02 Juli 2022

Ingatkan PPKD Netral

Ingatkan PPKD Netral

 


DelikBerita.com - Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa meminta Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dalam menjalankan tugas dan kewenangannya untuk mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 72 desa yang tersevar di 14 kecamatan, Kabupaten Sintang, agar jangan coba-coba “main mata” ataupun berpihak kepada salah satu calon kepala desa.

Hal ini penting, guna menghindari adanya kegaduhan dalam Pilkades.

“Semua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) harus independen, tidak ada keberpihakan kepada salah satu kandidat,” tegas Santosa, kemarin.

Apabila dalam penyelanggaraan Pilkades, panitia menyimpang dari aturan, maka BPD wajib mengambil sikap tegas. Untuk itu, Santosa menyarankan agar melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan jika ada persoalan.

“Jika mengacu pada aturan, panitia harus tegas. Kalau memang ada yang tidak sesuai laporkan saja kepada pemerintah kecamatan,” tegas Santosa.

Lanjut politkus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, pengawasan Pilkades akan dilakukan oleh pemerintah daerah  secara langsung. Pihak kecamatan juga akan mengutus perwakilan ke setiap desa yang melaksanakan pemungutan suara. Olehkarenanya, Santosa meminta pihak kecamatan agar intens melakukan monitoring sampai hasil akhir penghitungan suara.

“Kami minta semua pihak terkait agar kawal ketat jalannya Pilkades, sejak awal sampai panitia selesai melaksanakan penghitungan perolehan suara Cakades,” pintanya.

Kemudian, Santosa juga mengharapkan masing-masing pendukung calon kepala desa agar tetap menjaga situasi dan kondusifitas wilayahnya selama Pilkades serentak berlangsung.

"Kami minta agar masing-masing pendukung cakades tidak saling gaduh atau bentrok. Beda pilihan merupakan hal yang lumrah dalam pesta demokrasi.Namun, kita tetap harus bersatu dan kompak dalam membangun desa agar ke depannya lebih baik dan maju. Untuk itu, kondusifitas suatu wilayah sangat penting pada Pilkades serentak ini," pungkas Santosa, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kayan Hilir dan Kecamatan Kayan Hulu ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved