Senin, 11 Juli 2022

Masyarakat Perbatasan Jangan Jadi Penonton

Masyarakat Perbatasan Jangan Jadi Penonton



DelikBerita.com - Pemerintah Pusat (Pempus) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang diminta agar tetap bersinergi dalam perkembangan dan persiapan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik di Kecamatan Ketungau Hulu.

Sinergitas dan sinkornisasi para pemangku kepentingan ini perlu dilakukan, terutama bagaimana meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat. Tentunya, dampak dari pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik ini, juga diharapkan masyarakat tidak jadi penonton.

“Jangan hanya bikin bangunan PLBN dengan megah saja. Tetapi kita harus mempersiapkan dampak dari pembangunan ini, terutama bagaimana cara perputaran ekonomi di seputar kawasan itu berjalan dengan baik. Nah, jika ini terjadi masyarakat kita di kawasan perbatasan tidak jadi penonton,” tegas Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri, kemarin.

Menurut Heri Jambri, tujuan utama pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik tidak hanya bentuk sebuah bangunan yang megah. Tapi bagaimana masyarakat di sekitar kawasan perbatasan itu perekonomian dan kesejahteraannya meningkat.

“Kalau ekonomi masyarakat lesu dan tidak sejahtera ngapain juga kan. Nah, ini yang menurut saya perlu menjadi perhatian pemerintah baik tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat,” kata Heri Jambri.

Selain itu, Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini menilai Instruksi Presiden (Inpres) Tahun 2019 yang melibatkan 26 lembaga dalam proses percepatan pembangunan strategis nasional, khususnya di wilayah tertinggal dan perbatasan sungguh luar biasa.

“Tentu Inpres ini kita apresiasi lah, karena melibatkan 26 lembaga, saya nilai sungguh luar biasa lah ini ya,” ucap Heri Jambri.

Olehkarenanya, Heri Jambri berharap pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik bukan semata-mata membangun saja atau sebagai simbol. Tapi diharapkan juga membangun sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi masyarakat di kawasan perbatasan.

“Kita harap yang dibangun bukan semata-mata membangun infrastruktur saja , tapi sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat perbatasan juga mesti menjadi perhatian khusus dari pemerintah,” pungkas Heri Jambri, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved