Minggu, 10 Juli 2022

Minta Desa Kreatif

Minta Desa Kreatif

 


DelikBerita.com - Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan dapat kreatif dan berinovasi dalam membaca peluang saat ini, adanya investor di masing-masing desa tentunya harus berdampak kepada Pemerintah Desa (Pemdes) binaannya dan masyarakatnya.

Program pembangunan masing-masing desa sudah semestinya memberikan dampak, terhadap kesejahteraan masyarakat yang ada di desanya masing-masing.

“Salah satu hal yang mungkin bisa dimanfaatkan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa adalah melalui pengoptimalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang menyesuaikan potensi yang dimiliki pada desa itu sendiri,” ungkap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, kemarin.

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, pihak desa memang sudah seharusnya bisa menciptakan sebuah inovasi, khususnya yang berkaitan dengan program pemberdayaan masyarakat yang berpeluang untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, tapi situasinya mulai melandai, tambah Kusnadi, pemerintah desa sudah mestinya memikirkan bagaimana menciptakan suatu inovasi baru yang dapat mendongkrak kembali ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya, terutama dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi ini.

“Nah, bisa melalui pelatihan, tentu kita harapkan masyarakat desa dapat memanfaatkannya, diterapkan dan dijalankan pada lingkup desa sebagai upaya dan kerja keras dalam pemulihan ekonomi, yang bertujuan menyejahterakan masyarakat,” kata Kusnadi.

Sisi lainnya, Kusnadi berpendapat bahwa banyak dampak positif yang dapat dirasakan apabila benar-benar dijalankan. Misal dari segi pengembangan SDM, yaitu dengan memanfaatkan tenaga-tenaga dari masyarakat desa sekitar. Sementara dari segi pendapatan desa juga mendapatkan, sehingga dapat digunakan untuk menunjang program yang ada di desa setempat.

“Untuk itu, kami berharap pemerintah desa dapat kreatif dan berinovasi, karena peluang yang ada saat ini begitu besar, tapi tinggal desanya saja yang harus membuat program apa untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desanya,” pungkas Kusnadi, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved