Senin, 11 Juli 2022

Minta Pemerintah Memenuhi Kebutuhan Guru

Minta Pemerintah Memenuhi Kebutuhan Guru


DelikBerita.com
– Sekretaris Komisi C DPRD Sintang, Melkianus menekankan perlunya peran pemerintah pusat untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru, karena memang kebijakan pengangkatan sekarang ini ada di sana. Baik itu melalui penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sementara itu, lalau kita di daerah kan hanya mengusulkan formasi. Yang mengambil keputusan tetap pemerintah pusat. Jadi penambahan guru PNS atau PPPK tergantung berapa besar pemerintah pusat memberikan kuota. Di daerah hanya menerima keputusan itu.

“Perkiraan saya kekurangan tenaga guru khususnya di pedalaman akan makin terasa nanti ketika semua tenaga honorer termasuk guru dihapus pada tahun 2023 mendatang. Semoga rekrutmen guru nanti bisa memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan di Kabupaten Sintang. Mengingat kita membutuhkan guru,” harapnya.

 Sekretaris Komisi C DPRD Sintang, Melkianus juga mengungkapkan kondisi pendidikan di daerah perbatasan Kabupaten Sintang-Malaysia. Hingga saat ini permasalahan yang dihadapi masih sama seperti sebelumnya, yakni kekurangan tenaga guru. Ia menyebut fasilitasnya sudah lumayan, hanya saja kendalanya tenaga pengajar

Dikatakan legislator Partai Golongan Karya (Golkar) ini, sekolah yang fasilitas pendidikan di perbatasan sudah memadai berada di kota kecamatan. Seperti Merakai, ibukota Kecamatan Ketungau Tengah. Maupun Senaning di Kecamatan Ketungau Hulu. Baik itu fasilitas SD, SMP, SMK maupun SMK di kota kecamatan memang lumayan.

“Yang menjadi kendala, seperti yang saya sampaikan tadi hanya tenaga pengajar. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Sintang, pemerintah provinsi Kalimantan Barat dan pemerintah pusat paling tidak mendorong supaya tenaga pengajar itu lengkap di setiap sekolah. Sehingga mutu pendidikan juga bisa tercapai dengan baik. Kita berharap tenaga pengajar ada di setiap desa atau setiap sekolah. Sehingga mutu pendidikan bisa mendekati bahkan menyamai kualitas sekolah-sekolah di kota,” harapnya Melkianus menutup pembicaraan.

 

 

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved