Sabtu, 02 Juli 2022

Minta Pemerintah Siapkan Pupuk Subsidi

Minta Pemerintah Siapkan Pupuk Subsidi

 


DelikBerita.com - Potensi pertanian di Bumi Senentang ini masih sangat besar. Lahan yang masih tersedia serta permintaan komoditas pertanian yang masih tinggi membuat sektor ini dinilai masih sangat menjanjikan.

Hal itu juga sejalan dengan tingginya minat masyarakat menjadikan pertanian sebagai tulang punggung perekonomian. Bahkan warga semakin bersemangat karena banyak komoditas yang bisa ditanam dan pangsa pasarnya sangat menjanjikan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nikodemus berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait meningkatkan dukungan dalam membantu para petani baik dari bibit atau peralatan lainnya, tetapi yang sering menjadi keluhan mereka para petani adalah susahnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

“Kendala yang masih sering dihadapi para petani adalah terkait pasokan pupuk. Petani berharap bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dengan mudah sesuai kebutuhan pertanian mereka, karena pupuk kebutuhan pasti agar tanaman tumbuh subur. Kalau dikurangi maka dampaknya pada produktivitas dan berkurangnya hasil panen mereka,” kata Nikodemus.

Menurut Nikodemus, pemerintah daerah mestinya mendorong petani terus meningkatkan produksi pertanian, baik melalui program intensifikasi maupun ekstensifikasi, maka sudah seharusnya pula pemerintah membantu pelaksanaannya, termasuk mengalokasikan pupuk bersubsidi sesuai kebutuhan petani di kabupaten ini.

“Pemerintah mendorong peningkatan produksi tetapi harapan mereka juga tidak terpenuhi, Makanya kalau ingin produktivitas tinggi, pemerintah harus membantu petani agar mudah mendapatkan pupuk bersubsidi,” cetus Nikodemus.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini juga sangat getol menyuarakan keinginan para petani khususnya di wilayah Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak karena dirinya mewakili daerah pemilihan yang kebetulan merupakan masyarakatnya adalah petani.

“Masalah tersebut sudah sering disampaikan para petani saat kami reses maupun kunjungan kerja. Pupuk bersubsidi terbatas sehingga terkadang petani harus membeli pupuk nonsubsidi dengan harga lebih mahal. Ini yang masih dikeluhkan petani, maka dari itu kami meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait dapat membantu mereka dalam mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai kebutuhan mereka,” pungkas Nikodemus, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved