Jumat, 01 Juli 2022

Tiingkatkan Pembinaan Koperasi

Tiingkatkan Pembinaan Koperasi

 


DelikBerita.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Billy Welsan  meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan pembinaan koperasi yang ada di kabupaten ini. Hal ini dikarenakan keberadaannya sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Kami minta dinas terkait dapat meningkatkan pembinaan terhadap koperasi yang ada di Kabupaten Sintang ini, karena koperasi dapat menjadi kekuatan dan solusi bagi masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya,” kata Billy Welsan, kemarin.

Menurut Billy Welsan, dengan adanya koperasi hal tersebut juga akan meringankan tugas pemerintah dalam bidang ekonomi kerakyatan. Makanya koperasi harus dibina dan didorong agar terus meningkat.

“Untuk di kecamatan, beragam jenis koperasi khususnya bidang perkebunan. Bidang koperasi ini cukup banyak, khususnya terkait kebun plasma kelapa sawit yang mengharuskan adanya koperasi sebagai jembatan antara perusahaan dengan petani,” ujar Billy Welsan.

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, mengatakan kalau di daerah kota saat ini banyak koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam. Koperasi ini menjadi solusi bagi warga yang sedang memerlukan suntikan dana untuk modal usaha dan lainnya.

Olehkarenannya, Billy Wellsan meminta Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang untuk melakukan pembinaan dan pengawasan.

“Kalau ada koperasi yang tidak aktif perlu didampingi agar mereka bisa mengatasi kendala yang ada, sehingga kembali aktif lagi, terkait dugaan adanya koperasi fiktif yang hanya digunakan untuk bermitra dengan perkebunan, kemudian menjual kartu kepemilikan kebun plasma sawit dengan harga jutaan rupiah, juga perlu ditelusuri oleh pemerintah daerah. Tujuannya untuk membuktikan apakah itu benar terjadi atau tidak, sekaligus untuk mencegah adanya korban penipuan,” kata  Billy Wellsan.

Legislator DPRD Sintang ini juga  mengatakan, pengawasan juga harus dilakukan agar tidak ada koperasi yang kegiatannya melanggar aturan, atau malah membebani masyarakat. Pemerintah berhak turun tangan karena kehadiran koperasi bertujuan membantu masyarakat, bukan malah membebani masyarakat.

"Tentunya ini harus menjadi perhatian kita bersama," pungkas Billy Welsan, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved