Kamis, 05 Januari 2023

DINSOS SINTANG KELUHKAN LEMAHNYA PENDATAAN DTKS

DINSOS SINTANG KELUHKAN LEMAHNYA PENDATAAN DTKS

DelikBerita.com   Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan No 140/ PMK.07/2022 tahun 2022 tentang Dana Insentif Daerah untuk Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan pada Tahun 2022 dan Penggunaan Sisa Dana Insetif Daerah.

Untuk melaksanakan Program Bantalan Langsung Tunai akibat inflasi dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah di salurkan Dinas Sosial Kabupaten Sintang melalui seluruh Kantor Pos yang ada di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Penyaluran kepada penyandang disabilitas jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 1500 jumlah bantuan RP 600.000 sumber dana APBD Kabupaten Sintang.

Paket Swakelola kode RUP 31662104, Pemberian Bimbingan Sosial kepada Keluarga Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, Lanjut Usia Terlantar, serta Gelandangan dan Pengemis oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui Satuan Kerja DINAS SOSIAL Tahun Anggaran 2022

Sumber Dana APBDP Total Pagu Rp. 900.000.000 ditambah APBDP Total Pagu Rp 22.500.000 volume pekerjaan satu kegiatan uraian pekerjaan belanja Jasa yang diberikan kepada pihak ketiga/Pihak lain dan belanja Bantuan Sosial uang yang Direncanakan kepada Individu,Jadwal Pelaksanaan Kontrak November s/d Desember 2022.


Menurut Hasan Basri Kepala Bidang Rehabilitasi Penyandang Cacat dan Disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Sintang, program pemerintah berupa Bantuan Sosial (Bansos) merupakan bagian dari usaha guna mensejahterakan masyarakat, selain itu diberikannya Bansos tersebut untuk memenuhi dan menjamin kebutuhan dasar serta meningkatkan taraf hidup penerimanya.

Hasan Basri juga mengatakan program tersebut bersumber dari dana Insentif Daerah yang berasal dari dana pusat, dalam realisasi pelaksanaan terbentur dengan lemahnya sistem pendataan di lapangan, yaitu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) baik di tingkat Desa maupun Kelurahan.


Persoalan tersebut berdampak terhadap masih adanya Keluarga Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, Lanjut Usia Terlantar, serta Gelandangan dan Pengemis yang ada di Kabupaten Sintang belum tersentuh atau mendapat Bantuan Sosial dari program Bantalan Langsung Tunai (BLT) tersebut, tutupnya.

Cecep Kamaruddin

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved