Senin, 02 Januari 2023

Wujudkan Program Ketahanan Pangan Di Sintang Pemdes Paribang Baru Bagikan Bibit

Wujudkan Program Ketahanan Pangan Di Sintang Pemdes Paribang Baru Bagikan Bibit

DelikBerita.com   Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan bagi masyarakat, beragam upaya dilakukan oleh Pemerintah Desa Paribang Baru Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat, 03/01/2023.

Untuk mencapai target dari program ketahanan pangan tersebut, tentulah tidak terlepas dari dukungan kebijakan serta arahan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang itu sendiri.


Menurut Alek Sugiyanto sebagai Kepala Desa Paribang Baru,saat di hubungi awak media mengatakan Peranan sektor perkebunan sawit sangat vital bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat saat ini,manfaat, signifikasi, dan pengaruh terhadap perekonomian nasional telah menjadikan kelapa sawit sebagai komoditas penting bagi bangsa Indonesia karena sebagai bahan baku penghasil kebutuhan pokok sehari-hari.


Melalui program ketahanan pangan yang menjadi fokus pemerintah desa paribang baru,dirinya menjelaskan bahwa dalam hal ini pemerintah Desa Paribang Baru mengalokasikan 20 % anggaran dana desa guna melakukan pengadaan bibit kecambah sawit yang di bagikan kepada empat kelompok tani masyarakat.


Sistem pembagian juga di lakukan berdasarkan kesepakatan antara pemerintah Desa Paribang Baru BPD Kelompok Tani Serta Masyarakat,yaitu teknis pembagian di lakukan dengan sistem bagi rata, agar semua mendapatkan dengan catatan masyarakat atau warga yang tergabung dalam kelompok tani tersebut memiliki lahan, ungkapnya.


Dalam pelaksanaan program ketahanan pangan tersebut di lapangan,pemerintah desa menganggarkan sebanyak 22000 bibit kecambah sawit yang telah di bagikan kepada empat kelompok tani masyarakat di desa yang di pimpinnya saat ini yaitu Desa Paribang Baru Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang.

Dengan harapan pembagian bibit kecambah sawit tersebut guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat desa Paribang Baru Tempunak di masa yang akan datang, tutupnya.

Cecep Kamaruddin

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved