Kamis, 07 September 2023

Uskup Sintang, Mgr. Dr. Ir. Samuel Oton Sidin, O.F.M. Cap.

Uskup Sintang, Mgr. Dr. Ir. Samuel Oton Sidin, O.F.M. Cap.

Delik Berita.com   Sintang - ratusan rohaniawan pastores di lingkungan Keuskupan Sintang menggelar pertemuan di Aula Rumah Retret Temenggung Tukung, Kompleks Wisata Rohani, Bukit Kelam Sintang, Pada Rabu 6/9 siang.

Salah satu agenda pertemuan iyalah menuju pemilu damai pada tahun 2024.

Uskup Sintang, Mgr. Dr. Ir. Samuel Oton Sidin, O.F.M. Cap menyampaikan, salah satu penekanan yang disampaikan iyalah menolak politik identitas dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan pemanfaatan mimbar-mimbar gereja katolik sebagai sarana politik praktis.

“Seperti yang kita ketahui, Hari ini adalah pertemuan semua pastores yang ada di keuskupan Sintang, yang berkarya di tiga kabupaten. Yaitu kabupaten Sintang itu sendiri, kabupaten Melawi dan kabupaten Kapuas Hulu.” Jelasnya.

Samuel Oton Sidin juga menyampaikan, Salah satu tujuan digelarnya pertemuan ini iyalah sebagai momen untuk pembekalan kepada pastores untuk menyampaikan pesan pemilu damai 2024 di wilayah paroki-paroki dan stasi-stasi di Keuskupan Sintang, yang melingkupi Kabupaten Sintang, Melawi dan Kabupate Kapuas Hulu.

” Di sesi yang terahir ini tadi, mereka diharapkan memiliki bekal untuk disampaikan kepada Umat yang mereka layani di Paroki masing-masing”, Ujar Uskup Sintang, saat ditemui usai pelaksanaan acara.

Pemilu Damai di Tahun 2024 mendatang merupakan harapan bersama Umat Katolik, dengan salah satu cara yang disampaikan yaitu menolak politik identitas dan mengantisifasi kemungkinan-kemungkinan yang melanggar aturan yang telah ada.

” Jadi penekanannya yaitu pada upaya menolak politik identitas, kemudian mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan pemanfaatan mimbar-mimbar gereja untuk politik praktis dan mengupakayanlah nanti pemilu yang damai”, Papar Uskup Sintang.

Pesan pemilu damai ini juga akan terus disampaikan di setiap jenjang kelompok-kelompok gereja katolik.

” Yang kita harapka terlaksana di forum-forum lebih kecil, di kalangan umat ke paroki masing-masing. bahkan ke stasi-stasi masing masing, artinya kampung-kampung yang dilayani oleh pastor-pastor, di keuskupan Sintang ini”, ujar Uskup Sintang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Sintang,Edy Susanto, Mantan Ketua Bawaslu Sintang Fransiskus, Uskup Sintang dan Rohaniawan Pastores se Keuskupan Sintang.


Publis,syamsuardi.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 DelikBerita | All Right Reserved